Selasa, 15 Desember 2015

Quasi eksperimen

QUASI EKSPERIMEN

A.    Pengertian Quasi Eksperimen
Quasi eksperimen yaitu tidak akan mengambil subjek secara acak dari populasi tetapi menggunakan seluruh subjek dalam kelompok yang utuh (intact group) untuk diberi perlakuan (treatmen). Quasi eksperimen disebut juga dengan eksperimen semu.
Sampel pada quasi eksperimental design tidak diambil secara acak, sehingga kelemahan quasi eksperimen adalah tidak dapat sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang dapat mempengaruhi pelaksaan eksperimen. Karena itu quasi eksperimen lebih baik pre-eksperimental design tetapi lebih buruk dari pada true eksperimental design. Sebuah eksperimen kuasi adalah jenis evaluasi yang bertujuan untuk menentukan apakah suatu program atau intervensi memiliki efek yang diinginkan pada peserta penelitian.

B.     Bentuk-bentuk Quasi Eksperimen
Ada beberapa bentuk quasi eksperimen, yaitu :
1.      Time series design
Ciri-cirinya yaitu :
a.       Tidak ada kelompok kontrol
b.      Diberikan pretes sampai 4 kali untuk melihat kelompok telah stabil dan konsisten sebelum dapat diberi perlakuan

2.      Non-equivalent control group  design
Ciri-cirinya yaitu :
a.       Adanya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
b.      Subjek penelitian diambil tidak secara acak dari populasi tetapi diambil seluruh subjek dari kelompok yang telah terbentuk secara alami



C.    Pembagian Dalam Penelitian Eksperimen
Ada beberapa bagian dalam penelitian eksperimen, yaitu :
1.      Eksperimental Murni (True Experimental)
Kelompok  eksperimen diberi perlakuan khusus (variabel yang akan diuji akibatnya), sedang kelompok kontrol  diberi perlakuan lain (yang biasa dilakukan) dan hasilnya  dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Pengukuran/pengujiannya menggunakan instrumen baku (tes standar)

2.      Eksperimental Semu (Quasi Experimental)
Pengontrolan tidak pada semua variabel tetapi hanya pada satu variabel yg cukup dominan dan minimal dipasangkan (matching)

3.      Eksperimental Lemah (Weak Experimental)
Disebut  pra eksperimen karena tidak ada penyamaan karakteristik (random) dan tidak ada pengontrolan variabel. Desain dan perlakuannya seperti penelitian eksperimen tetapi tidak ada pengontrolan variabel sama sekali dan lemah kadar validitasnya

D.    Jenis-jenis Quasi Eksperimen
Ada beberapa jenis quasi eksperimen,  yaitu :
1.      Non-Equivalent Groups Design
2.      Pretest-Posttest Design
3.      Interrupted Time-Series Designs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar